Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Berenang dan Alasan Mengapa Menjadi Salah Satu dari Tiga Hobi yang Dianjurkan Nabi

Sumber: fancycrave1 (Pixabay.com)

Penulis: Firdaus Achmad Rizkiyanto, S.Si (Sekretaris Bidang Seni, Budaya dan Olahraga PC IMM Kota Surabaya)*

Berenang jika mengacu pada KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia) memiliki arti yaitu menggerakkan badan melintas (mengapung, menyelami) di air menggunakan kaki, tangan, sirip, ekor atau sebagainya. Jika ditarik kesimpulan berenang dapat di artikan sebagai aktivitas diri bergerak menggunakan tangan dan kaki diatas badan air secara harmonik sehingga mampu bergerak baik kedepan maupun kebelakang.

Apakah kamu tau bahwa berenang merupakan salah satu dari hobi yang dianjurkan oleh nabi? Pastinya belum bukan? Dari Ibnu Umar Radhiyallahu Anhu, Rasulullah bersabda bahwa ajarilah anak laki laki darimu untuk berenang dan memanah, dan ajari menggunakan alat pemintal untuk anak anakmu yang perempuan.

Lantas apasih yang menyebabkan nabi Muhammad Saw mengajurkan bahkan memerintahkan kepada umatnya, kepada setiap orang tua untuk mengajarkan berenang kapada anak anaknya? Ada apa dibalik olahraga itu? Sehingga masuk sebagai kategori olahraga yang disunnahkan oleh nabi.

1.      Berenang merupakan olahraga yang menggetarkan tubuh secara sempurna.

Berenang bisa dikatakan sebagai olahraga yang menggerakkan semua anggota tubuh. Ketika berenang kaki, tangan, kepala dan punggung serta sendi sendi tubuh bergerak secara harmonik dan kontinu. Sehingga mampu merangsang otot otot yang ada di seluruh tubuh dan syaraf syaraf di tulang belakang.

2.      Menguatkan Mental dan Meningkatkan Kesehatan Jiwa

Berenang juga mampu menguatkan mental, hal ini sesuai dengan pernyataan Ermawan Susanto dalam jurnalnya yang menyatakan bahwa berenang sedikitnya 10 menit setiap hari membuat mental menjadi lebih sehat,  pikiran jernih, stres berkurang dan memicu timbulnya perasaan bahagia. Hal ini dikarenakan ketika berenang, tubuh mengeluarkan hormon atau senyawa endorfin dari otak yang memunculkan perasaan bahagia, jadi jika kamu merasa sedih, galau, gundah gulana, selain ibadah, juga bisa berenang juga. Selain itu juga berenang juga mampu meningkatkan percaya diri karena berenang dituntut untuk berani kedalaman.

3.      Memperkuat Pernapasan  

Olahraga berenang juga mampu meningkatkan pernapasan dan mengatur pernapasan, dalam berenang kita dituntut untuk mampu mengatur ritme pernapasan, kapan harus mengambil napas, kapan harus mengeluarkan napas dan berapa lama napas yang ditahan dalam paru paru. Berenang mampu meningkatkan kualitas Vo²max dimana Vo²max merupakan kemampuan pengambilan oksigen dengan kapasitas maksimal untuk digunakan atau dikonsumsi oleh tubuh selama melakukan exercise maximum, Vo²max umumnya digunakan sebagai indikator untuk menentukan kemampuan aerobik, dimana kemampuan aerobik akan berkaitan erat dengan sistem cardio dan sistem respirasi dalam usaha penyediaan oksigen dan kemampuan untuk menggunakan oksigen tersebut dalam tubuh (Ermawan Susanto, 2010).

4.      Menyehatkan Bagi Tubuh

Berenang juga dipercaya mampu mencegah penyakit penyakit berbahaya diantara kolesterol, jantung, diabetes dan mampu menurunkan tekanan darah tinggi, berenang termasuk olahraga kardio dimana mampu meningkatkan fungsi paru paru dan jantung, ketika berenang, jantung dan paru paru akan bekerja secara optimal dan juga membuat pembuluh darah menjadi elastis atau tidak kaku sehingga peredaran darah menjadi lancar yang berdampak menyehatkan tubuh dan berujung panjangnya umur seseorang.

Dengan banyaknya manfaat yang didapatkan dalam olahraga berenang, penulis menyimpulkan bahwa wajar saja Nabi Muhammad Saw menganjurkan bahkan mensunnahkan olahraga berenang untuk dijadikan sebagai hobi dan diajarkan kepada anak anaknya. Penulis berharap semoga banyak masyarakat atau umat Islam yang menyadari hal ini, minimal berenang 10 menit dalam kurun waktu seminggu sekali, setiap sekolah disetiap jenjang sekolah mengadakan atau membuka kelas tentang Berenang yang seperti dilakukan oleh SD Muhammadiyah 1 Sedati tempat penulis mengajar dan di Program Studi Ilmu Kelautan UINSA tempat penulis menimba ilmu.

Penulis juga berharap bahwa infrastruktur mengenai olahraga berenang dapat ditingkatkan lagi kualitasnya. Menyediakan tempat berenang khusus akhwat sehingga siapapun bisa berenang tanpa ada gangguan atau kecemasan akan diganggu nantinya. Dijaga kebersihannya terutama di kolam renang dan di ruang ganti. 

Penulis mengajak kepada seluruh pembaca untuk membudayakan berenang, kalau bisa berenang menjadi kebiasaan. Meskipun dirasa tidak bisa berenang atau takut kedalam, dicoba dulu lama kelamaan akan terbiasa dan bisa. Bukannya manusia itu kodratnya berusaha dulu, Nabi saja yang sebelumnya tidak bisa membaca kemudian diulangi sebanyak 3 kali baru beliau fasih melafalkan Wahyu pertama surat Al Alaq. Jadi ayo Budayakan Berenang! Jalasveva Jayamahe!


*Pernah menjabat sebagai Sekretaris Umum IMM Komisariat Al-Farabi Periode 2019-2020 serta Ketua Bidang Seni dan Olahraga Koorkom IMM UINSA Periode 2020-2021.


Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA