Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Aktualisasi Ideologi IMM Edisi Milad ke-60, IMM UINSA Adakan Pasar Sayur Gratis

Foto oleh Tanwirul Huda, diambil ketika kegiatan berlangsung.

Penulis: Dian Prahara Batubara dan Fira An-Najaha (Kader PK IMM Leviathan)


Dalam rangka memperingati Milad ke-60, Koorkom IMM UINSA Surabaya menggelar pasar sayur gratis yang diperuntukkan bagi masyarakat RT 3 Wonocolo Surabaya.  Acara ini merupakan salah satu puncak perayaan Milad IMM yang diselenggarakan sebagai wujud kegiatan sosial dan keagamaan serta wujud kepedulian IMM UINSA terhadap masyarakat sekitar.

Acara yang dilaksanakan oleh pihak Koorkom IMM UINSA ini selaras dengan Ideologi IMM yaitu Trikom (Intelektualitas, Religiusitas, dan Humanitas) dan Trilogi (Keagamaan, Kemahasiswaan, dan Kemasyarakatan). Yang mana Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah terus menerus berupaya untuk mengapdi kepada masyarakat dan senantiasa memberikan solusi-solusi terbaik demi berubahnya sebuah tatanan sosial.

Syaifullah Akbar selaku Ketua Koorkom IMM UINSA menjelaskan alasan memilih pasar sayur gratis sebagai salah satu pucak Milad yaitu sebagai bentuk aktualisasi trilogi IMM yaitu kemasyarakatan, ia mengatakan “Pasar gratis ini kita tujukan untuk kembali menjalin silaturahim kepada tetangga sekitar koorkom dan juga sebagai salah satu bentuk aktualisasi trilogi IMM yaitu kemasyarakatan dan juga aktualisasi keimanan, seperti di hadist nabi yang diriwayatkan Bukhari Muslim dijelaskan “barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir maka hendaknya ia memuliakan tetangganya.” Dengan adanya pasar sayur ini juga sebagai bentuk pembelajaran bagi para kader IMM untuk memiliki kepekaan sosial.

Pasar sayur gratis ini berlangsung di halaman sekretariat IMM UINSA pada jumat, 29 maret 2024. Peserta dari pasar sayur gratis ini adalah warga sekitar yang telah mendapatkan kupon yang kemudian nanti kupon tersebut dapat di tukarkan dengan lima jenis sayuran secara gratis. Para warga nampaknya sangat bersemangat dalam agenda yang di adakan oleh pihak Koorkom IMM UINSA tersebut.

Pak Ahmad salah satu peserta menanggapi dengan positif akan agenda yang di adakan Koorkom IMM UINSA ini, ia mengatakan "Acara ini sangat bagus sekali, menurut saya ini acara yang dapat membantu warga sekitar, dan juga pada bulan puasa seperti ini merupakan waktu yang pas untuk berbagi. Saya berharap ikatan ini tetap guyub,sukses dan saya berharap semua kader tetap rukun dan terus bergerak dalam hal-hal kebaikan seperti ini"

Senada dengan Pak Ahmad, Ibu Lia selaku istri ketua RT setempat menyambung " Alhamdulilah, menurut saya pasar sayur gratis yang di adakan teman-teman IMM UINSA ini sangat membantu warga yang tinggal di sekitar sini. Saya berharap IMM UINSA semakin berjaya, dan selalu mendapatkan kelancaran dalam setiap kegiatan yang di adakan" Ujarnya.

Acara dimulai dengan kata sambutan oleh Syaifullah Akbar selaku Ketua Koorkom IMM UINSA, dia menyampaikan banyak terimakasih kepada para warga yang menyambut baik acara yang di adakan oleh pihaknya tersebut. Kemudian disambung oleh Mahbub Junaidi selaku Ketua Pelaksana yang menjelaskan metode pengambilan sayur dengan kupon yang telah di bagikan. Yang kemudian di lanjutkan ke acara puncak yaitu penukaran kupon dengan sayur gratis.

Terakhir Akbar berharap “Semoga dengan terselenggaranya acara ini dapat meningkatkan harmonisasi antara para kader IMM dan warga sekitar khususnya warga RT 3 wonocolo. Dan memang acara-acara seperti ini yang bersifat interaktif dengan masyarakat sesekali harus di adakan dan semoga bisa berkelanjutan” Ujarnya.

Tidak hanya pasar sayur gratis, pihak Koorkom juga mengadakan pembagian hadiah kepada para pemenang perlombaan yang di adakan selama MILAD IMM yang ke-60, seperti lomba debat, catur, futsal, dan masih banyak lagi. Kemudian di akhiri dengan acara buka bersama yang di hadiri para kader IMM UINSA Surabaya.

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA