Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Harmonisasi Ikatan, Gemuruh Adakan Bukber Angkatan

Foto oleh Tanwirul Huda, diambil saat acara bukber Gemuruh (3/4/2024)

Penulis: Anisah Firdausi dan Farahsani Ramania (Sekretaris Umum PK IMM Al-Farabi dan Sekretaris Bidang Kader PK IMM Al-Farabi)


Sudah menjadi tradisi bagi sebagian besar orang Indonesia untuk mengagendakan acara bukber alias "Buka Bersama" ketika Ramadan tiba. Alasannya beragam, di antaranya untuk melepas rindu, menjalin tali silaturahmi, atau hanya sekedar berbincang dengan teman, keluarga, dan kerabat kerja. Demikian pula agenda serupa telah diadakan oleh angkatan 21 IMM UINSA atau yang dikenal dengan "Gemuruh". Acara bukber yang penuh makna (tanpa meninggalkan salat maghrib) ini dilaksanakan pada Ramadan tahun ini, tepat seminggu sebelum Hari Raya Idul Fitri, Rabu, 3 April 2024 di Kopi SAE, Margorejo, Surabaya. 

20 orang turut menyemarakkan kegiatan bukber kali ini. Jumlahnya 4 kali lebih banyak daripada tahun sebelumnya yang hanya dihadiri oleh 5 orang. Mengusung tema "Utuh Gemuruh", nampaknya terlihat dalam peningkatan kuantitas partisipan di acara bukber tahun ini. Belly Ubaidila selaku panitia memaparkan latar belakang diadakannya agenda ini, "Karena momen satu kali setahun ini dirasa tepat untuk bisa mengumpulkan teman-teman di acara yg santai dan menyenangkan di luar agenda perkaderan, juga untuk menyemarakkan bulan Ramadan atas nama angkatan."

Tak hanya itu saja, tujuan mendasarnya bukan untuk formalitas atau ikut-ikutan belaka, melainkan untuk tujuan ke ranah interpersonal dan organisasi. Belly melanjutkan, "Tujuannya ingin menghidupkan kembali kegiatan berkumpul bersama dengan spesifikasi tujuan adanya interaksi dan komunikasi secara langsung, menguatkan ikatan emosional, bisa lebih mengenal dan paham, sehingga dengan kompilasi tujuan itu diharapkan akan tumbuh rasa memiliki dan tanggung jawab untuk saling bekerja sama dan berperan di ikatan ini dengan maksimal sekarang dan ke depan."

Sebagai partner Belly, Ghina Ruqyatul Maliha selaku panitia juga memberikan tanggapan dan ucapan terima kasih, “Alhamdulillah di luar ekspektasi. Awalnya bakal ngira hanya sepuluh orang saja, ternyata dua kali lipatnya. Banyak terima kasih buat temen-temen yang kemarin menyempatkan hadir buat merekatkan tali silaturahmi. Meskipun acaranya mendadak, tapi alhamdulillah semuanya berjalan lancar.” 

Acara ini berlangsung dari pukul 5 hingga ba'da isya, dan keharmonisan antar anggota Gemuruh dapat segera terjalin dengan baik karena banyaknya anggota yang antusias dalam mengikuti acara tersebut, bahkan rela meluangkan waktunya di tengah sibuknya kegiatan magang MBKM (Merdeka Belajar-Kampus Merdeka). Immawan Shulthon Aminullah, salah satu anggota angkatan Gemuruh pun turut hadir meramaikan acara tersebut. “Alhamdulillah seneng dan bahagia lihat temen-temen bisa kumpul walau ga lengkap,” Ujar Shulthon.

Ketua angkatan Gemuruh, immawan Maftukh Ghulam Mursyidan turut membersamai. Ia memaparkan harapan-harapannya kepada angkatan yang dipimpinnya, “Setelah diadakannya bukber tahun ini, semoga kita dapat mempererat dan memperbaiki hubungan kekeluargaan angkatan Gemuruh yang sudah berdiri di IMM UINSA sejak MASTA (Masa Ta'aruf) tahun 2021,” Tutur Ghulam.

Ghulam juga berharap bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan kesadaran diri dari tiap individu bahwa kemajuan suatu organisasi tidak didasari oleh ketua atau pemimpin, namun kerjasama dan keinginan untuk menjadi lebih baik yang kompak antar anggota di dalamnya, seperti yang telah terealisasikan dalam acara "Buka Bersama Angkatan Gemuruh" yang baru-baru ini berhasil terlaksana karena kesadaran dari para anggota yang ingin mempererat harmonisasi antar teman-teman seangkatan.

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA