Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Gen Z Gelisah: Nggak Ada Pembayaran Cashless di Warung-Warung

Gambar diambil dari Kompas.com

Penulis: Azhar Ainun Hidayat (Kader PK IMM FEBI)


Gengs, kalian semua tau nggak sih? Sekarang kita hidup di zaman yang udah serba digital. Apalagi buat kita, Gen Z yang bener-bener udah kecanduan sama yang namanya teknologi. Tapi nih, bayangin aja, kita lagi nongkrong di warung kesayangan, terus pengen bayar pakai cashless eh, malah zonk! Si abang-abangnya cuma nerima cash doang. Rasanya tuh kayak ketabrak truk, bikin resah banget kan?

Oke, kita nggak bisa pungkiri kalo Rupiah masih jadi mata uang yang sah di negeri ini. Berdasarkan Pasal 10 Undang-Undang Nomor 4 Tahun 2023. Mau beli gorengan, es teh, atau bahkan beli rokok di warung, ya tetap pake Rupiah. Tapi gengs, di zaman now ini, siapa sih yang masih suka bawa uang cash banyak-banyak? Palingan juga cuman bawa buat jaga-jaga, itu pun kalo nggak ketinggalan di rumah. Kalo kita udah terbiasa sama yang namanya cashless, rasanya ribet banget harus balik ke zaman 'jaman baheula' pake uang tunai.

Nah, kalian harus tahu nih, sebelum dibuatnya QRIS, setiap penyedia layanan sistem pembayaran itu menyediakan kode QR yang berbeda untuk setiap merchant. Misalnya, merchant hanya menyediakan kode QR GoPay, maka pembeli harus memiliki GoPay. Mengingat hal tersebut dianggap tidak praktis, Bank Indonesia kemudian memutuskan untuk mengintegrasikan seluruh metode pembayaran seperti GoPay, OVO, Dana, LinkAja, ShopeePay, MotionPay dan seluruh penyedia layanan sistem pembayaran yang terdaftar di Bank Indonesia. 

Selanjutnya, Departemen Imigrasi menyetujui Peraturan Anggota Dewan (PADG) No.2. 21/18/PADG/2019 tentang pemberitahuan penerapan standar kode QR pembayaran nasional pada 16 Agustus 2019.  Standar tersebut kemudian diberi nama Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) dan diluncurkan bersamaan dengan peringatan 74 tahun kemerdekaan Indonesia. QRIS ini semacam super hero buat ekonomi Indonesia. Kenapa? Karena dengan QRIS, pembayaran jadi lebih gampang dan cepat. Tinggal scan barcode, trus pembayaran langsung beres. Nggak perlu repot-repot ngitung kembalian atau nyari duit receh yang kadang hilang entah ke mana.

Eksistensi QRIS
Jadi bayangin gini, sobat. Rupiah itu kayak temen lama yang setia, selalu ada di dompet kita. Tapi ya gitu deh, kadang bikin ribet. Sementara QRIS itu kayak gebetan baru yang stylish dan praktis abis. Dia muncul dengan teknologi yang bikin kita nggak perlu ribet bawa uang tunai. 

Apalagi bagi bagi pelaku UMKM kayak saya nih (bukan promosi ya), jujur dengan adanya QRIS ini mempermudah bagi penjual pas baru buka, eh si Asep belinya pake uang gede, kan bingung tuh cari kembalianya harus lari-lari ke sana kemari cari tukeran uang. Terkadang juga resah jika pembeli ditinggal cari tukeran uang kembalian, pas balik daganganya laku semua dan pembelinya bawa kabur tuh barang-barang di warung.

Kalau pake QRIS kan tinggal scan, bayar, dan selesai. Mau beli cilok di abang-abang depan kantor? Tinggal keluarin HP, scan QRIS, dan beres. Nggak ada drama nyari kembalian atau ngelipet-lipet duit biar nggak lecek. Tapi Gengs, meskipun Rupiah tetep jadi pahlawan yang sah, QRIS datang sebagai penyelamat yang bikin hidup kita lebih efisien dan praktis. Jadi, siap-siap aja deh, Rupiah dan QRIS bakal terus duet seru di dunia perbelanjaan kita. Siap-siap nyesek kalo ketinggalan dompet, tapi nggak bakal khawatir kalo bawa HP yang ada QRIS

Buat kita-kita nih Gen Z, hidup tanpa teknologi rasanya kayak hidup di zaman purba. Kita udah terbiasa banget dengan kemudahan yang ditawarin sama teknologi. Semua bisa kita lakuin lewat smartphone, mulai dari chatting, belanja online, sampe pembayaran. Jadi, kalo tiba-tiba harus bayar pake uang cash di warung, bener-bener ngerasa nggak praktis dan bikin males.

Nah, mungkin kalian semua bertanya-tanya, kenapa sih warung-warung kecil masih belum pake cashless? Ada beberapa alasan sih, Gengs. Salah satunya adalah karena mereka masih belum terbiasa sama teknologi. Abang-abang atau emak-emak yang jaga warung mungkin ngerasa ribet harus belajar cara pake QRIS atau aplikasi pembayaran lainnya. Selain itu, ada juga yang mikir kalo biaya administrasi atau potongan dari setiap transaksi itu bisa ngurangin keuntungan mereka.

Tapi, nggak ada salahnya juga kita bantu mereka untuk beradaptasi. Kasih tahu mereka kalo pake QRIS itu gampang dan justru bisa nambah pelanggan. Apalagi di masa pandemi konflik perang  kayak sekarang, pembayaran cashless terbukti lo meningkatkan perekonomian Indonesia karena mempermudah transaksi antar negara dan meningkatkan efesiensi pertumbuhan ekonomi.

Jadi rek, yuk kita dukung peralihan ke cashless di warung-warung sekitar kita. Jangan cuma resah dan gelisah, tapi juga bantu mereka buat lebih melek teknologi. Siapa tau dengan cara ini, kita bisa ikut berkontribusi dalam menumbuhkan ekonomi Indonesia lewat QRIS. Lagian, siapa sih yang nggak mau hidup lebih praktis dan modern? So, let's go cashless and make our life easier!

Editor: Ulil Azhmy 
Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA