Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tugas DAD IMM Leviathan


DAD IMM Komisariat Leviathan 2015



Dengan bertemakan “Menumbuhkan kesadaran ber-IMM melalui internalisasi ideologi guna mewujudkan leviathan berkemajuan”, Darul Arqom Dasar (DAD) Komisariat Leviathan di SD Muhammadiyah 1 Kureksari, pada 18-20 Desember 2015 berlangsung dengan menyenangkan.

Tema besar yang diangkat oleh Pimpinan Komisariat Leviathan, berangkat dari arah gerak yang dirumuskan dalam raker IMM leviathan, kemudian melihat pula fungsi DAD itu sendiri yang secara garis besar adalah internalisai ideologi dan penanaman intektual dasar

Pemaknaan Tema
Kesadaran ber-IMM akan membawa kesadaran akan posisi kita, lebih lanjut kesadaran itu akan terus mengingatkan kita akan keberadaan kita dan apa yang seharusnya dilakukan dengan identitas tersebut. Trilogi, TRIKOM, Nilai Dasar Ikatan, Falsafah Gerakan serta rumusan-rumusan lain yang dibuat oleh para pendahulu kita memberikan gambaran yang jelas akan sikap dan perilaku serta apa-apa yang perlu dan terus untuk kita yakini dan perjuangkan

Darul Arqom Dasar sebagai pintu gerbang resmi dan formal pertama di IMM, berusaha membangun dasar ideologi tersebut dan meneguhkan Ghiroh atau semangat untuk berjuang di IMM, sebagaimana pesan Ahmad Dahlan “Hidup-hidupilah Muhammadiyah, jangan mencari hidup di Muhammadiyah” Nilai-nilai yang digagas oleh IMM tidak akan pernah lepas dari nilai-nilai yang diemban oleh Muhammadiyah, karena secara struktural IMM adalah organisasi otonom Muhammadiyah di tingkat mahasiswa. Yang mana secara tegas Tujuan IMM adalah “Mengusahakan terbentuknya akademisi Islam yang berakhlak mulia dalam rangka mencapai tujuan Muhammadiyah.”

Kata Internalisasi secara Bahasa dapat diartikan penghayatan terhadap nilai-nilai sehingga merupakan keyakinan dan kesadaran akan kebenaran doktrin atau nilai yang diwujudkan dalam sikap dan perilaku. Internaliasi ideologi sebagai kesatuan kata dalam tema DAD IMM leviathan, bermakna ideologi yang yang coba ditanamkan dalam DAD diusahakan bukan sebatas teori saja, melainkan butuh implementasi lebih lanjut sehingga mendarah daging menjadi sikap dan perilaku keseharian. Sehingga prinsip Ilmu adalah amal dan amal adalah ilmiah benar-benar tertanam dalam pribadi kader. Pada akhirnya muara seluruh agenda perkaderan selama 3(tiga) hari tersebut adalah membawa IMM Leviathan berkemajuan. Berkemajuan dalam artian pola pikir, aksi dan reaksi serta tanpa meningalkan ruh nilai-nilai ikatan, guna menyelesaikan permasalahan-permasalahan nasional maupun regional. Selamat berjuang IMMawan dan IMMawati, FASTABIQUL KHOIROT!!!

----00---
Tugas DAD
Waktu tiga hari tidak akan cukup untuk merealisasikan segala tujuan besar Komisariat Leviathan, oleh karena itu follow up harus terus diupayakan. Salah satu bentuk follow up dan merupakan salah satu persyaratan kelulusan DAD, diharapkan seluruh peserta DAD IMM Leviathan 2015 membuat sebuah artikel dengan tema:

“Falsafah gerakan dan Trikompetensi dasar, sebagai dasar kemajuan”
Falsafah gerakan         : Liberasi, transedensi dan humanisasi
Trikom                         : Religiusitas, Intelektualitas Dan Humanitas
Dasar kemajuan           : Kemajuan IMM leviathan pada khusunya dan IMM UINSA pada umunya

Adapun peryaratan artikel adalah :
a.  Karya tulis orisinal dan tulisan belum pernah dipublikasikan atau dipublikasikan dalam seminar, workshop dan lainnya.
b.    Ditulis dalam bahasa Indonesia atau bahasa Inggris, terdiri dari 600-5000 kata, font Times New Roman 12, spasi 1,5, kertas A4, margin kiri halaman 4cm, margin atas kanan dan bawah 3cm.
c.    Penulisannya sesuai kaidah ilmiah dan rujukan dengan menggunakan footnote(diusahakan).
d.   Artikel dalam bentuk soft file (berbentuk file : doc/docx/rtf yang diattach/dilampirkan melalui E-mail : immleviathan64@gmail.com
e. Deadline tanggal  20 februari 2016 pukul 00.00

KOTACOM blog