Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Marak Pelecehan Seksual di Kampus, Al-Farabi dan KUF Adakan Kajian Kolaborasi

 

IMMUINSASBY.COM-Kajian Kolaborasi akhirnya hadir melalui kerja sama antara Pimpinan Komisariat IMM Al-Farabi dengan Pimpinan Komisariat IMM Ushuluddin dan Filsafat (KUF) UIN Sunan Ampel Surabaya pada Sabtu, 29 Januari 2022. Acara diselenggarakan secara hibrid di Gedung Dakwah Muhammadiyah (GDM) Brondong dan Live via Google Meet.

Suasana pagi yang cerah dan penuh berkah membuat para immawan dan immawati bersemangat untuk hadir secara langsung maupun via Google Meet.

Pada kajian kolaborasi kali ini, pemateri merupakan Ketua Bidang Kader Koorkom IMM UIN Sunan Ampel Surabaya yakni Lilis Badriyah dan yang bertugas sebagai moderator adalah Mahbub Junaedi yaitu Anggota Bidang RPK dari PK IMM Ushuluddin dan Filsafat (KUF) UIN Sunan Ampel Surabaya.

Acara diikuti dengan penuh semangat oleh semua immawan dan immawati dari kedua komisariat. Baik dari GDM Brondong maupun yang mengikuti via Google Meet.

Persiapan kajian sudah disiapkan dengan baik dan tema yang dibahas adalah Kekerasan Seksual di Ranah kampus: IMM Harus Apa?


Pembahasan dimulai dengan menjelaskan tentang definisi dan juga macam-macam kekerasan seksual yang dapat terjadi. Tentu penting untuk mengetahui apa itu kekerasan seksual agar dapat dipahami dan dihindari.

Pemateri juga menjelaskan tentang apa saja penyebab terjadinya kekerasan seksual, paradigma protektif perempuan serta kaitannya dengan budaya patriarki. Apa saja yang harus dilakukan mahasiswa terutama IMM untuk mengantisipasi atau melawan kekerasan seksual ini?

Hal-hal tersebut adalah (1) mengkaji hal-hal tentang kekerasan seksual: dengan mengadakan pengaduan, dan (2) Memperjuangkan hak-hak perempuan.

Pemateri menjelaskan dengan menarik sehingga para immawan serta immawati memiliki beberapa pertanyaan yang perlu ditanyakan sehingga sesi tanya jawab berjalan dengan baik.

Dengan ini semoga kedepannya kekerasan seksual dapat ditangani dengan baik dan jangan sampai terjadi. Apalagi di ranah perkuliahan yang seharusnya menjadi tempat menuntut ilmu.

Author: M Rizal Abdan K

(Ketua Bidang RPK PK IMM Al-Farabi 2021-2022)

Editor: Fadhlur Rohman

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA