Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Nawasena IMM Jawa Timur: Berikut Rekomendasi IMM UINSA untuk Musyda XXI Jawa Timur

 

IMMUINSASBY.COM-Sebagai salah satu Koordinator Komisariat terbesar di Surabaya dan bahkan Jawa Timur tentu pengaruh IMM UINSA dalam keberlangsungan IMM Jawa Timur tidak bisa dipandang sebelah mata.

Koordinator Komisariat IMM UIN Sunan Ampel Surabaya menaungi tujuh komisariat di kampus UINSA. Komisariat yang berada dalam naungan Koorkom IMM UINSA di antaranya: 

  1. Komisariat Al-Kindi (Fak. Adab dan Humaniora), 
  2. Komisariat FEBI (Fak. Ekonomi dan Bisnis Islam), 
  3. Komisariat Leviathan (Fak. Syariah dan Hukum), 
  4. Komisariat Al-Farabi (Fak. Tarbiyah & Keguruan dan Fak. Sains & Teknologi), 
  5. Komisariat UF (Fak. Ushuluddin dan Filsafat), 
  6. Komisariat Ibn Rusyd (Fak. Dakwah dan Komunikasi), dan 
  7. Komisariat Avempace (Fak. Psikologi & Kesehatan dan Fak. Ilmu Sosial & Ilmu Politik).

Dengan tujuh komisariat yang berada di dalam naungannya menjadikan Koorkom IMM UINSA sebagai Koorkom terbesar kedua di Surabaya dan Koorkom Non-PTM/A (Perguruan Tinggi Muhammadiyah/ Aisyiyah) terbesar di Jawa Timur.

Dengan jumlah komisariat yang sebanyak itu, tentu membuat Koorkom IMM UINSA sebagai Koorkom yang hampir setara dengan Pimpinan Cabang. Terlebih yang harus kita ingat, bahwasannya Koorkom IMM UINSA berdiri di Perguruan Tinggi Negeri (PTN), bukan PTM/A.

Dengan pengaruh yang besar itulah Koorkom IMM UINSA, bersama tujuh komisariat Se-UINSA memiliki tanggung jawab moral untuk memberikan rekomendasi-rekomendasi dan masukan-masukan bagi berjalannya kepengurusan DPD IMM Jawa Timur pada periode kedepan.

Berdasarkan hasil refleksi dan evaluasi terhadap DPD IMM Jawa Timur periode 2018-2020, IMM UINSA memberikan rekomendasi dengan tajuk “Nawasena IMM Jawa Timur”. Nawasena berasal dari bahasa Sansekerta yang artinya masa depan yang cerah. 

Rekomendasi IMM UINSA terdiri dari tujuh poin dan terbagi kedalam tiga pembahasan. Ketiga pembahasan itu adalah Kaderisasi, Gerakan dan Organisasi.

A. Kaderisasi

1. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur di periode mendatang mampu melakukan regenerasi dan meningkatkan kuantitas dari Instruktur Madya di Jawa Timur. 

Mengingat bahwasannya DPD IMM Jawa Timur menaungi 27 Pimpinan Cabang, tentu peningkatan jumlah Instruktur Madya menjadi penting. Apalagi jika kita ingin meningkatkan kualitas perkaderan IMM di Jawa Timur maka tidak cukup ditangani oleh segelintir orang saja.

2. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar Bidang Kader DPD IMM Jawa Timur di periode mendatang mampu merumuskan roadmap dan sistem perkaderan di tingkat Jawa Timur. Sebagai basis pijakan Pimpinan Cabang dalam melaksanakan perkaderan di Cabang masing-masing.

B. Gerakan

1. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur di periode mendatang mampu meningkatkan kolaborasi dengan berbagai elemen yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kolaborasi yang produktif baik itu dengan Persyarikatan, Organisasi Otonom, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Masyarakat, dan berbagai Stakeholder yang ada di Provinsi Jawa Timur.

Diharapkan dengan keberadaan kolaborasi produktif tersebut dapat membantu Pimpinan-pimpinan Cabang yang tersebar di seluruh Jawa Timur untuk terlibat aktif dalam kerja-kerja kebangsaan di Kota/Kabupaten masing-masing Cabang.

2. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur mampu meningkatkan gerakannya di dunia digital. Mengingat perkembangan yang luar biasa cepat di dunia digital tentu mengharuskan IMM hadir dan terlibat untuk menciptakan ruang-ruang digital yang berkeadaban dan menjunjung nilai-nilai moralitas.

3. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur mampu meningkatkan peran dakwahnya di tengah-tengah masyarakat. Mengingat bahwasannya dalam penegasan IMM dikatakan bahwa IMM adalah “Gerakan Mahasiswa Islam”.

Oleh karenanya DPD IMM Jawa Timur harus terlibat aktif dalam mendakwahkan nilai-nilai Islam Berkemajuan yang dibawa oleh Muhammadiyah di tengah-tengah masyarakat. Agar masyarakat terhindar dari berbagai variasi keislaman yang merusak  tatanan kebhinekaan dan keindonesiaan.

4. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur mampu meningkatkan kualitas akademik kader-kader IMM di seluruh Jawa Timur. Salah satunya dengan memfasilitasi Kader-kader IMM yang potensial di bidang akademik untuk mampu mendapatkan beasiswa bagi kelangsungan studinya.

C. Organisasi

1. IMM Se-UINSA merekomendasikan agar DPD IMM Jawa Timur mampu meningkatkan semangat kolektivitas di internal DPD IMM Jawa Timur. Hal itu karena IMM adalah organisasi kaderisasi yang dibangun atas semangat Kolektif Kolegial. Sehingga akan memperihatinkan apabila semangat yang luhur tersebut gagal dicontohkan oleh IMM di tingkat Jawa Timur.

Peningkatan semangat kolektivitas itu memiliki konsekuensi bahwa DPD IMM Jawa Timur harus mampu membangun kohesi dan sesegera mungkin melakukan rekonsiliasi dalam setiap konflik atau kesalahpahaman yang timbul saat berdinamika di internal DPD IMM Jawa Timur.

Itu tadi adalah tujuh poin rekomendasi yang diusulkan oleh IMM UINSA dalam kepengurusan DPD IMM Jawa Timur mendatang. Diharapkan usulan-usulan tadi dapat diterima demi kemajuan IMM Jawa Timur di masa depan. Sesuai dengan tajuk yang diusung oleh IMM UINSA “Nawasena IMM Jawa Timur”.

Author: Tim Redaksi

(Fadhlur Rohman, Rifaldo Musthofa, & Ayfa FE Auni)

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA