Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Penulis "IMM Era 4.0" Berbagi Pengalaman pada Kajian Literasi yang Digelar PK IMM Ibnu Rusyd

IMMUINSASBY.COM-Ahad, 13 Februari 2022, Bidang Riset Pengembangan Keilmuan (RPK), Pimpinan Komisariat Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (IMM) Ibnu Ruysd UIN Sunan Ampel Surabaya adakan Kajian Online dengan tema “Cerdas Berliterasi, Cakap Berkreasi, Agar Ikatan tak Mati”.

Acara yang diselenggarakan secara online Via Google meet ini membahas tentang pelatihan menulis. Dengan menghadirkan narasumber yakni Ahmad Soleh, penulis dan founder Penerbit Irfani. 

Kajian dimulai pukul 20.00 WIB yang dimoderatori oleh Arofah El Hanifa, yang merupakan salah satu jajaran PK Ibnu Rusyd ini diikuti oleh lebih dari 30 peserta dengan peserta yang berasal dari berbagai instansi yang berbeda. 

Di awal narasumber menyampaikan bahwa dalam menulis sangat penting adanya sebuah ide, lalu mencoba untuk memulai sebagai bentuk melatih kemampuan kita, serta menyediakan waktu untuk menulis. 

Narasumber juga menegaskan bahwa menulis bukan hanya kalau ada waktu, melainkan kita harus menyediakan waktu untuk menulis. “Penulis yang baik itu bukan orang yang menulis kalau ada waktu, tetapi penulis yang baik itu penulis yang menyediakan waktu untuk aktivitasnya menulis,”ujarnya.

Selanjutnya narasumber juga menyarankan bagi penulis pemula, untuk memperhatikan langkah-langkah umum dalam menulis. Misalnya membuat kerangka tulisan. Sehingga harapannya tulisan yang dihasilkan dapat terarah sesuai tujuan awal. 

Narasumber juga  menjelaskan mengenai jenis tulisan non-fiksi dan fiksi serta poin penting yang perlu diperhatikan dari setiap jenisnya. Tak lupa narasumber juga menjelaskan mengenai bagaimana mempublikasikan tulisan kita secara efektif baik melalui media online seperti majalah digital, blog, media sosial, maupun melalui media ofline seperti koran, dan buku. Narasumber juga mengingatkan bahwa pentingnya memperhatikan ketentuan yang diperlukan dalam publikasi tiap media serta adab dalam pengiriman karya tulisan kita.


 

Kajian yang membahas tentang literasi ini disambut baik khususnya oleh Kader Pimpinan Komisariat IMM Ibnu Ruysd, serta peserta secara umum. Hal ini terlihat dari antusiasme peserta yang luar biasa dalam memperhatikan serta adanya berbagai pertanyaan menarik yang diajukan peserta kepada narasumber.  Adapun poin penting menarik lainnya yang disampaikan oleh narasumber adalah sebagai berikut: 

“Bak sebuah perjalanan panjang, pada akhirnya seorang penulis akan mengakhiri tulisannya dengan tanda titik. Tanda yang tidak selalu bermakna berhenti. Karena setelah titik tentu kita mesti bersiap memulai lagi. Mulai dengan kata-kata baru, kalimat baru, ide baru, dan segalanya untuk melanjutkan perjalanan itu”

Kalimat tersebut seakan mengingatkan kita untuk senantiasa menulis. Artinya, ketika kita telah menyelesaikan satu tulisan, maka kita perlu memikirkan tulisan apa yang akan kita tulis selanjutnya.

Author: M Syafiullah Akbar

(Ketua Bidang RPK PK IMM Ibn Rusyd 2021-2022)

Editor: Fadhlur Rohman

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA