Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sambut DAD, Al-Farabi Adakan Kajian tentang Sejarah Muhammadiyah


IMMUINSASBY.COM-Kajian Pra DAD part 1 PK IMM Al-Farabi UINSA akhirnya dapat terlaksana dengan lancar pada Kamis 10 Februari 2022. Acara diselenggarakan secara online via Google Meet pada malam hari pukul 19:30.

Waktu menunjukkan pukul 19:45 saat acara dimulai, pada kajian kali ini pemateri merupakan Ketua Umum PK IMM Leviathan periode 2019-2020 dan Ketua Umum Koorkom IMM Uinsa periode 2020-2021 yaitu Abadi Marzuki dan yang bertugas sebagai moderator adalah Sevina Putri Edfiana yang merupakan Sekbid RPK PK IMM Al-Farabi.

Acara diikuti oleh lebih dari 20 peserta dan juga ada beberapa peserta dari luar Komisariat Al-Farabi mengikuti kajian malam itu.

Pada kajian Pra DAD part 1 ini tema yang diambil adalah “Kiprah Muhammadiyah untuk Bangsa Indonesia”.  Pembahasan yang nantinya dibahas adalah sejarah kelahiran K.H. Ahmad Dahlan, sejarah Muhammadiyah serta Kiprah Muhammadiyah melalui amal usahanya.

Pemateri menyampaikan penjelasannya melalui power point sehingga peserta dapat dengan jelas melihat gambaran yang diberikan. 

Pembahasan yang diberikan juga cukup rinci hingga tentang bagaimana perjalanan K.H. Ahmad Dahlan dalam menjalani kehidupan sedari muda yang memiliki nama awal Muhammad Darwis, mengikuti ayahnya mengajar di sekitar keraton, berdiskusi menentukan arah kiblat, berdagang hingga mengikuti beberapa organisasi seperti Budi Utomo. 

Dan pada akhirnya mendirikan sekolah dasar dan juga Muhammadiyah. Pemateri juga menjelaskan bagaimana kiprah amal usaha Muhammadiyah, dasar amal usaha Muhammadiyah serta bagaimana keadaan K.H. Ahmad Dahlan sebelum beliau tutup usia dikarenakan sakit yang dialami hingga beliau dimakamkan di Karang Kajen, Yogyakarta. 

Diskusi berlangsung cukup lama dan sesi tanya jawab pun berlangsung. Pertanyaan yang diajukan dijawab dengan jelas oleh pemateri sehingga para peserta pun merasa cukup dan tak ada yang bertanya lagi. 

Semoga kedepannya pada kajian Pra DAD part 2 yang akan diadakan pada Sabtu 12 Februari 2022 nanti akan berlangsung lebih ramai lagi, dan semoga antusias para peserta dapat ditingkatkan lagi. Karena kajian ini merupakan bekal untuk mengikuti acara DAD yang akan diadakan nanti.

Author: M Rizal Abdan K

(Ketua Bidang RPK PK IMM Al-Farabi 2021-2022)

Editor: Fadhlur Rohman

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA