Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

PK IMM Al-Farabi Adakan Bakti Sosial di Panti Asuhan Muhammadiyah Pagesangan


Reporter: Furicha Hanum Sadi (Ketua Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat IMM Al-Farabi)


IMMUINSA (20/02) - Pimpinan Komisariat (PK) IMM Al-Farabi UIN Sunan Ampel Surabaya (UINSA) adakan Bakti Sosial dengan mengusung tema ”Bergerak dengan Hati, Mengabdi dengan Aksi, Bersama Komisariat Al-Farabi.” Kegiatan ini dilaksanakan di Panti Asuhan Muhammadiyah Pagesangan pada Jum'at, 17 Februari 2022 pukul 13.30 - 17.00 WIB.

Kegiatan ini adalah hasil kolaborasi dari Bidang Sosial dan Pemberdayaan Masyarakat serta Bidang Tabligh dan Kajian Keislaman PK IMM Al-Farabi. Sasarannya adalah anak-anak yatim piatu yang tinggal di panti asuhan tersebut. Kegiatan ini diikuti oleh sejumlah kader dan jajaran dari PK IMM Al-Farabi serta anak-anak panti asuhan yang kurang lebih berjumlah 13 anak.

Bantuan yang disalurkan berupa uang tunai sejumlah Rp. 500.000, beberapa jenis makanan ringan, serta hadiah kecil-kecilan sebagai bentuk apresiasi atas semangat dan antusias anak-anak panti asuhan dalam menjawab pertanyaan yang dilontarkan.

Pak Jintung, selaku Ketua Panti Asuhan Muhammadiyah Pagesangan menyatakan bahwa kehadiran kader-kader IMM Al-Farabi membuat mereka (anak-anak panti) merasa bahagia. Ia juga menjelaskan selain ada teman bermain dan belajar, mereka juga senang karena kesempatan untuk tidak disuruh tidur siang.

Pak Jintung juga sedikit berbagi cerita mengenai pengalaman ketika menjadi kader IMM yang juga melakukan kegiatan sosial serupa di zamannya. Ia mengatakan bahwa kegiatan semacam ini penting untuk proses kaderisasi serta menyatakan bahwa akan menyambut siapa pun yang datang kemari untuk belajar.

“Kalian silahkan datang ke sini kapan saja, jangan hanya ketika ada acara bakti sosial atau yang lainnya, kalau ingin melatih skill mengajar silakan ke sini, kalau ingin berbagi ilmu silakan ke sini, mau sekedar main-main juga silahkan ke sini, gerbang pintu depan itu selalu terbuka lebar. Selamat ber-Fastabiqul Khairat,” tambah Pak Jintung yang juga adalah alumni PK IMM Ushuluddin dan Filsafat UINSA.

Etika Chandra Dewi, selaku Ketua Umum PK IMM Al-Farabi mengatakan bahwa tujuan diselenggarakannya kegiatan ini adalah sebagai wujud dari humanitas kader IMM kepada sesama, membahagiakan serta membantu memenuhi kebutuhan anak-anak di panti asuhan tersebut.

Etika juga menyampaikan rasa terima kasihnya kepada sambutan yang diberikan, “Sungguh sebuah kehormatan bagi kami telah disambut dengan hangat oleh ketua, pengurus, serta anak-anak panti yang memiliki jiwa semangat yang tinggi dan rasa ingin tahu yang besar.”

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA