Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Hapus Luka Lama dan Mari Gapai Impian yang Indah

 

Foto oleh Francecoach, diunduh melalui istockphoto.com

Penulis: Abdul Halim Hasan (Sekretaris Bidang Kader PK IMM Al-Kindi)

Tidak terasa kita telah berada di penghujung tahun 2023 ini, sebentar lagi akan berganti tahun dan semoga apa yang kita panjatkan dalam setiap doa akan senantiasa sesuai dengan takdir yang kita dapatkan nantinya. Kali ini pembahasannya santai saja karena bertepatan dengan awal tahun dan banyak dari kita akan segera menyusun sebuah gambaran akan apa yang ingin dicapai pada tahun ini.

Tidak sedikit dari kita yang ikut meramaikan akan datangnya tahun baru ini bersama dengan sanak saudara, keluarga, serta teman-teman untuk mengisi sebuah momen yang terjadi setahun sekali. Biasanya diisi dengan kumpul bareng dan makan besar, dan tidak sedikit juga yang rela pulang kampung dari rantauan untuk mengisi waktu dengan bersilaturrahim antar sesama keluarga. Oleh karena itu, saya memberikan sedikit gambaran agar di awal tahun ini teman-teman semua bisa mempunyai sebuah pandangan untuk ke depannya. Mari simak!

Pertama, yaitu dengan menyadari dan merenungkan tentang apa saja yang telah kita jalankan selama setahun ini. Merenungkan semua momen baik manis maupun pahit akan memudahkan kita dalam menyusun sebuah langkah ke depan yang lebih baik. Intinya adalah jangan pernah menyesal akan apa yang telah kalian terima, karena Allah memiliki takaran yang adil untuk semua hambaNya, dan Allah pasti telah menyiapkan kenikmatan tak disangka yang akan diberikan pada mereka yang senantiasa bersyukur. Allah mengatakan dalam firmanNya:

وَإِذۡ تَأَذَّنَ رَبُّكُمۡ لَئِن شَكَرۡتُمۡ لَأَزِيدَنَّكُمۡۖ وَلَئِن كَفَرۡتُمۡ إِنَّ عَذَابِي لَشَدِيدٞ ٧

"Dan (ingatlah juga), tatkala Tuhanmu memaklumkan; "Sesungguhnya jika kamu bersyukur, pasti Kami akan menambah (nikmat) kepadamu, dan jika kamu mengingkari (nikmat-Ku), maka sesungguhnya azab-Ku sangat pedih" (Q.S. Ibrahim: 7)

Lalu yang kedua, yaitu dengan semangat menebar kebaikan. Tahun baru adalah saat yang tepat untuk berbagi kebaikan pada diri sendiri khususnya orang di sekitar kita dengan semangat yang baru juga tentu saja. Semangat untuk memberikan hal-hal positif tentunya tidak hanya pada momen tertentu saja, melainkan selalu kita terapkan dalam gaya hidup sehari-hari agar dapat menciptakan perbuahan yang positif pula dalam sistem tatanan masyarakat. Jadi, semangat untuk membuat suatu perubahan akan sangat diperlukan, supaya pemikiran masyarakat juga ikut berubah mengikuti perkembangan zaman yang modern dan canggih ini.

Dan yang ketiga, yaitu kuat dalam menghadapi segala tantangan yang sedang menunggu. Teman-teman tidak perlu takut ketika belum mencapai keberhasilan, karena pada dasarnya keberhasilan dapat diperoleh ketika kita menekuni sebuah kegagalan. Jadi intinya adalah tetap jalani saja dengan rasa ikhlas karena Allah semata dan Ia pasti menjamin sebuah kemenangan untuk siapapun yang mau berdoa lalu disertai usaha yang tak kenal lelah.

Terakhir, dari saya mohon maaf apabila ada salah di dalam merangkai sebuah kata. Tidak ada kata yang sempurna selain ucapan syukur Alhamdulillah. Tetap semangat untuk kalian yang sedang berproses, nikmati saja prosesmu sambil kau tetap berjuang untuk meraih segala impianmu. Jika kamu ingin membahagiakan seseorang, maka pulanglah terlebih dahulu dan lihat apakah orang tuamu sudah engkau bahagiakan?

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA