Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Al-Farabi Luncurkan Riset Triwulan Demi Mewujudkan Komisariat Progresif

Gambar diambil melalui postingan IG PK IMM Al-Farabi

Penulis: Restu Agung Santoso (Anggota PK IMM Al-Farabi)

 

Memasuki bulan keempat kepengurusan PK IMM Al-Farabi UINSA, BPH meluncurkan program kerja Riset Triwulan. Program ini ditujukan kepada seluruh jajaran pengurus dan anggota aktif PK IMM Al-Farabi. Pengumpulan data dilakukan secara online melalui google form dengan masa riset dari tanggal 12-19 Februari 2024.

Alasan utama di balik pelaksanaan program kerja ini adalah sebagai wadah penyerapan berbagai dimensi komisariat. Naufal Muhsin selaku ketua umum Al-Farabi mengatakan, "Riset triwulan ini saya masukkan sebagai bentuk kerja untuk digunakan sebagai media evaluasi, serap aspirasi, dan apresiasi."

Riset ini terdapat beberapa sesi, Naufal menjelaskan, "Jadi dalam riset ini ada tiga sesi, yaitu sesi pertama berkaitan dengan komisariat, sesi kedua berkaitan dengan bidang-bidang, dan sesi ketiga tentang personalia jajaran."

Tak hanya itu saja tujuannya, melainkan juga sebagai media apresiasi, "Kemudian melalui riset ini juga kami ingin mengapresiasi kinerja jajaran terbaik pada tiga bulan berjalannya masa kepengurusan."

Di balik itu pula, dapat diketahui bahwasanya program kerja ini sebagai salah satu langkah nyata dalam mewujudkan komisariat yang progresif yang terus diupayakan dan menjadikan komisariat seperti rumah bagi para kader, "Riset ini juga sejalan dengan tagline kami sebagai komisariat progresif dan kami ingin progresifitas itu setidaknya dapat dimulai dari evaluasi rutin, terbuka dengan kritik, dan apresiasi kinerja. Semuanya tak lain adalah untuk kepentingan kaderisasi yang lebih baik, dimulai dari rasa keberikatan, karenanya kami yakin bahwa komisariat adalah rumah belajar bagi kader, maka kami berusaha menghadirkan komisariat sebagaimana rumah yang seharusnya nyaman dan aman."

Belly Ubaidila selaku ketua bidang RPK Al-Farabi juga memandang bahwa riset ini akan berdampak pada citra komisariat. Ia mengatakan, "Agenda Riset Triwulan Komisariat ini saya pikir cukup efektif untuk menunjang realisasi komisariat Al-Farabi yang membranding dirinya sebagai Komisariat progresif." Alasannya ia paparkan, "Mengapa demikian? Karena melalui penilaian internal oleh pihak internal, maka akan membuka cakrawala kesadaran kolektif akan kelebihan dan kekurangan yang ada di komisariat sehingga dari hasil riset tersebut bisa dijadikan acuan untuk merancang dan menginovasikan arah gerak ke depan untuk merealisasikan branding tersebut bersama-sama."

Agenda ini juga diharapkan mampu menjadi pengingat bagi setiap elemen di komisariat yang kemudian memunculkan semangat berorganisasi. Ghulam selaku ketua bidang kader menyebutkan, "Harapannya dengan adanya Riset Triwulan dapat dijadikan pijakan dalam evaluasi pelaksanaan program kerja, dan pastinya jajaran pun tidak akan luput dari kesalahan dan lupa, jadi Riset Triwulan sangat penting untuk terus diadakan, agar terwujudnya sikap semangat dalam ber-IMM."

Dalam pandangan kader program kerja ini dipandang penting bagi semua pihak di komisariat. Jajaran diapresiasi dan anggota diberi ruang menyampaikan aspirasi. Nadia selaku kader angkatan 2022 mengatakan, "Apresiasi sangat penting bagi para jajaran untuk mewujudkan rasa semangat dalam ber-IMM. Riset ini sangat bagus untuk dilakukan karena dapat menyerap berbagai aspirasi dari para elemen PK IMM Al-Farabi".

Dengan adanya riset ini para kader juga turut memberi dukungan, sebab hasil dari riset ini nanti akan jadi pijakan penting dalam berjalannya organisasi ke depan. An-Naufal selaku kader 2023 memaparkan, "Saya juga turut mengapresiasi dengan adanya riset ini yang nanti akan jadi pijakan para jajaran dalam mewujudkan komisariat yang progresif".

Tanggapan positif dari berbagai pihak bermunculan dan mereka berharap agar program ini dapat terus berjalan sehingga dapat mewujudkan komisariat progresif yang hakiki.

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA