Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Launching Angkatan 2023, Ketua Koorkom: Hubungan Sosial dan Silahturahmi Perlu Diperkuat!

 

Foto diambil pasca acara berlangsung


Penulis: Etika Rahma Setya dan Raisa Khairina (Kader PK IMM Avempace dan Kader PK IMM Al-Farabi)


IMM Angkatan 2023  mengadakan “launching” dalam rangka peresmian nama angkatan pada Sabtu, 02 Maret 2024. Peresmian tersebut diadakan di masjid Al-Ikhlas dengan diikuti oleh 40 peserta angkatan 23 serta beberapa jajaran ketua komisariat, di antaranya ketua Komisariat Ushuluddin dan Filsafat (KUF), ketua umum Komisariat Saintek dan ketua Koorkom. 

Acara berlangsung Pukul 15.00 WIB diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia, mars Muhammadiyah, serta mars IMM kemudian disusul dengan sambutan hangat dari ketua koorkom Immawan Akbar. Dalam sambutannya, ia menekankan komitmen dalam berorganisasi serta menjunjung nilai-nilai Muhammadiyah baik di IMM UINSA maupun luar UINSA.

"Peresmian angkatan ini menjadi langkah awal yang sangat positif untuk memperkuat semangat bersama dalam proses pembelajaran di masa yang akan datang. Pentingnya untuk menjaga hubungan sosial dan silaturahmi agar proses di Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah berjalan lancar. Kegiatan angkatan tidak hanya sebatas formalitas tetapi juga harus diimbangi dengan aktivitas kultural seperti ngopi bareng, jalan-jalan, serta diskusi dan berbagi ilmu di komunitas, sehingga intelektualitas anggota dapat terasah dengan baik.” Tutur Immawan Akbar, selaku ketua Koorkom saat dihubungi kemarin Sabtu (2/3/2024).

Selain itu peresmian angkatan ini juga berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa kekurangan sebagaimana ujar salah satu peserta dari Komisariat KUF Arul, "Alhamdulillah saya merasa acara ini berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan, tentunya itu tidak terlepas dari rahmat Allah SWT. Meskipun ada beberapa kekurangan karena pastinya kita sebagai manusia itu mempunyai kekurangan ya. Seperti misalkan tempatnya masih kurang adem, atau juga beberapa peserta tidak hadir karena mempunyai hajat di luar acara ini." Lebih lanjut ia juga mengatakan bahwa acara ini disambut dengan antusiasme yang baik dari angkatan 23, ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan ajang atau wadah untuk para kader mengembangkan atau bagaimana cara mereka untuk mencapai tujuan-tujuan mereka berorganisasi di IMM.

Imrul Qois, selaku ketua angkatan 23 dari komisariat KUF, turut memberikan penjelasan terkait acara peresmian angkatan. Termasuk alasan di balik pemilihan nama angkatan dan filosofinya, “Dari awal, kami melakukan voting untuk memilih nama angkatan dari 8 komisariat mengajukan nama. Melalui proses voting, nama Starvisco terpilih dengan suara terbanyak. Star berasal dari kata ‘bintang’, yang melambangkan harapan agar angkatan kami bersinar seperti matahari, sebagaimana analogi persyarikatan Muhammadiyah. Sedangkan Visco berasal dari bahasa Portugis yang berarti ‘Orang yang baik’, dengan harapan agar teman- teman kami selalu berusaha hidupnya bermanfaat untuk orang lain." 

Sebagaimana yang dikatakan Immawan Arul, ketua angkatan 23 Ahmad Qois juga sependapat bahwa acara tersebut berjalan lancar dan teman- teman sangat antusias dalam mengikutinya sesuai harapan. Meskipun mungkin ada beberapa kekurangan, namun secara keseluruhan ia bersyukur karena acara tersebut dapat berlangsung dengan lancar. 

Acara peresmian angkatan 2023 ditutup dengan melakukan sesi foto bersama angkatan, dan pimpinan Koorkom, ketua komisariat Ushuluddin dan Filsafat (KUF), sekaligus ketua umum Komisariat Saintek pun turut ikut untuk mengabadikan momen tersebut. Para peserta tampak bersemangat mengabadikan momen penting mereka sebagai bagian dari keluarga besar IMM UINSA angkatan 2023. 

Dengan terselenggaranya acara peresmian angkatan baru ini, diharapkan teman-teman selalu bersemangat dalam berorganisasi, membawa nama baik Muhammadiyah, dan menjadi bagian dari penggerak dalam mengembangkan akademisi Islam untuk mencapai tujuan-tujuan Muhammadiyah. 

Sebagai penutup ketua Koorkom berharap, "Geraknya angkatan itu bisa efektif, untuk apa? Ya menguatkan teman-teman untuk terus berproses di IMM, berproses di komisariat." Pungkasnya.

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA