Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

STARVISCO Present: Komitmen Regenerasi SDM dalam ber-IMM

Logo Angkatan 2023 IMM UINSA

Penulis: Zahid Annaufal (Kader PK IMM Al-Farabi)


Usai sudah acara kami berupa "Launching Nama Angkatan IMM 2023" yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 2 Maret 2024. Yang padanya, kami sepakati dengan bangga memilih nama STARVISCO untuk membersamai perjuangan kami dalam ber-IMM, khususnya di IMM UIN Sunan Ampel Surabaya.

Sebuah kebahagiaan bagi kami, IMM angkatan 2023 khususnya saya pribadi karena telah diresmikannya nama yang sudah melalui proses panjang menuju nama yang final ini. STARVISCO adalah perwujudan dari sekian banyak harapan kami yang ingin kami berikan juga peroleh dari IMM UINSA. Tentunya dari sekian banyaknya harapan, kami rangkum menjadi kesatuan dalam logo yang sudah didesain dengan unsur-unsur tak terlepas mengandung filosofi-filosofi yang diharapkan. Baik unsur warna, outline, maupun benda disekitar yang dicantumkan.

Singkat saja, nama STARVISCO diambil berdasarkan bahasa Inggris "star" yang bermakna seperti matahari, sebagai salah satu bintang yang kita semua rasakan manfaatnya dengan menyinari bumi dari ufuk timur juga bahasa portugis "visco" yang bermakna ekspansif, visioner juga percaya diri.

Adapun logonya, tulisan STARVISCO bermaksud percaya diri menunjukkan identitas, gradasi warna yang menggambarkan keserasian, oranye memiliki arti semangat, kehangatan, juga kreatif. Sementara kuning bermakna kemuliaan. Hitam sebagai outline menunjukkan kekuatan, ketabahan, juga abadi. Terakhir, matahari yang kita ketahui sebagai bintang yang terletak diatas huruf i adalah harapan kami untuk menyinari sebagaimana persyarikatan dalam Muhammadiyah.

Lalu mengapa acara ini dibuat? Tentu saja mudah untuk membuat logo juga makna yang dikarang-karang itu? Mengapa ada peresmian? Sebagaimana kita tahu, bahwa sebuah organisasi akan hidup ketika sumber daya manusianya ada wujudnya. Itu adalah tingkatan paling remeh hidupnya organisasi. Sebuah omong kosong kualitas kader itu ada jika tidak ada wujud manusianya.

Ya, itu adalah awal dari segalanya sebelum mulai memberikan kontribusi pada organisasi. Bahkan sempat ada kabar burung, ada yang menginginkan "transfer kader" dari IMM UINSA saking sepinya? Entahlah, we never know:), mungkin ini kesombongan saya saja terhadap IMM UINSA yang nampak sekali hidupnya. Urusan berkembangnya kualitas adalah tugas tiap individu yang perlu bimbingan Komisariat juga Koordinator Komisariat untuk mengawal tiap potensi kader. Semua saling bekerja sama.

Tidak semua setulus anda. Ada yang karena diajak saja, ada yang karena disuruh orangtuanya, ada yang karena melanjutkan keaslian ke-Muhamadiyahan-nya dengan menjejaki kampus hijau UINSA dan bergabung dengan ke-minoritasan ini, dan lain-lain.

Semua memiliki latar belakangnya masing-masing. Sedangkan peresmian ini adalah bentuk seremoni ikatan yang menjanjikan mereka yang memiliki niat setengah-setengah dan mudah makan hati ketika pribadi mereka "diserang" ketulusannya. Peresmian itu hadir seakan-akan berkata:

"Tenang saja IMM UINSA! Tenang saja, kami sudah ada disini!"

Harapannya, mereka (yang setengah niat) akan dengan percaya diri bergabung dalam IMM UINSA khususnya angkatan dahulu, sebelum berkontribusi di Komisariat bahkan Koorkom. Adanya logo adalah bentuk mengusahakan bahwa seniat ini kami berkecimpung dalam Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah dengan segala harapan kami. Ya, manusia adalah makhluk visual atau biasa disebut "mandang fisik". Kakak-kakak jajaran juga kami khususnya mungkin akan mengingatnya kembali bagaimana harapan kami ketika melihat logonya lagi.

Semuanya adalah bentuk komitmen tidak tertulis dari kami untuk regenerasi IMM UINSA, setidaknya berkuranglah munajat sesepuh-sesepuh untuk IMM UINSA tetap ada karena sudah terkabul. Tinggal kualitas SDM yang senantiasa mesti didoakan juga dibimbing untuk berkembangnya IMM UINSA, baik dari angkatan, Komisariat, maupun koordinator Komisariat. Mudah-mudahan Allah memudahkannya.

 

 

 

Redaksi IMM UINSA
Redaksi IMM UINSA Tim Redaksi RPK KOORKOM IMM UINSA